.showpageArea{float:left;color:#555;font-size:11px;margin:10px 0} .showpageArea a{color:#555;text-shadow:0 1px 2px #fff} .showpageNum a:hover,.showpage:hover{border:1px solid #b2b2b2;color:#555!important} .showpage{margin:0} .showpage:hover a{color:#555!important} .showpagePoint{background:#f8f8f8;border:1px solid #b2b2b2;margin:0 2px 0 0;padding:5px 12px} .showpageNum a,.showpageOf,.showpage{border:1px solid #e8e8e8;background:#f8f8f8;margin:0 2px 0 0;padding:5px 12px}
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Teknologi Hardware Terkini & Fenomena Konvergensi Digital

Teknologi Hardware terkini


¢Ditengah kemajuan teknologi komputer, apakah kita mengetahui perkembangan perangkat kerasnya ( hardware )? Tentunya penting bagi kita untuk mengetahuinya agar kita bisa mengikuti perkembangan tersebut dan dalam melakukan pembeliannya kita bias membeli dengan teliti serta menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Atas dasar itulah kami menysun makalah ini. Didalam makalah ini akan dibahas mengenai perkembangan perangkat keras (hardware ) komputer.


 Pengertian Hardware


¢Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang.Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).


 ¢Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.


¢Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer.Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer.Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu.


 Fenomena Konvergensi Digital
 Konvergensi  Pengertian harfiahnya adalah dua benda atau lebih bertemu/bersatu di suatu titik; pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Secara umum, konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta informasi (ICTS – Information and Communication Technology and Services ).


¢Konvergensi  Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah, seperti suara (dan fitur telepon), data (dan produktivitas aplikasi) dan video, yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi antara satu dengan yang lain, sinergis menciptakan efisiensi baru.


 Konvergensi Media Konvensional Menjadi Digital
¢Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.


¢Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon ,video dan komunikasi data dalam satu jaringan .Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.


 ¢Konvergensi pada umumnya berarti persimpangan media lama dan baru. Henry Jenkins menyatakan bahwa konvergensi adalah,“ Aliran konten di platform beberapa media, kerja sama antara industri beberapa media, dan perilaku migrasi khalayak media. ”


¢Gerakan konvergensi media tumbuh secara khusus dari munculnya Internet dan digitalisasi informasi . Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi isi/ konten). [3] Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins pada tahun 2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat. 
Sumber : http://nurhasanahglobal.blogspot.co.id/2015/08/presentasi-pti.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar