.showpageArea{float:left;color:#555;font-size:11px;margin:10px 0} .showpageArea a{color:#555;text-shadow:0 1px 2px #fff} .showpageNum a:hover,.showpage:hover{border:1px solid #b2b2b2;color:#555!important} .showpage{margin:0} .showpage:hover a{color:#555!important} .showpagePoint{background:#f8f8f8;border:1px solid #b2b2b2;margin:0 2px 0 0;padding:5px 12px} .showpageNum a,.showpageOf,.showpage{border:1px solid #e8e8e8;background:#f8f8f8;margin:0 2px 0 0;padding:5px 12px}
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Ide Ide Inovatif Dalam Aplikasi Berbasis Web

Pengertian Aplikasi Berbasis Web
Aplikasi berbasis web merupakan Aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web (WWW). Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang dapat langsung dijalankan pada browser dengan bantuan koneksi dari internet. Aplikasi berbasis web tidak terbatas pada sistem operasi yang digunakan. User yang mengakses data dengan menggunakan aplikasi berbasis web bisa langsung mendapat umpan balik dari server penyedia data sehingga tidak statis. Jenis gahasa pemrograman yang digunakan tidak mempengaruhi hasil aplikasi yang dibuat. 
Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang :
  • Berarsitektur client-server
    ·  software web browser di sisi client
    ·  software web server di sisi server  
  • menggunakan protokol HTTP dalam komunikasi antara client dan  server.
  • mempunyai fungsi untuk mengambil/menjalankan isi file dokumen web di server dan menampilkannya di sisi client.
Keunggulan aplikasi berbasis web ini antara lain :
  1. Platform Independent, artinya aplikasi ini dapat dijalankan dari sistem operasi windows, linux, BSD, Mac. Program yang kita perlukan hanyalah browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer maupun browser lainnya.
  2. Untuk dijalankan di banyak komputer, tidak perlu install di aplikasi disetiap komputer, cukup kopi aja script programnya ke server atau salah satu komputer. Untuk komputer lain yang ingin menjalankan program ini cukup buka browsernya dan membuka alamat host server dimana program ini disimpan.
  3. Aplikasi ini dapat dijalankan dari jarak jauh dengan menggunakan internet.
  4. Selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi. Karena aplikasi tersebut terpasang di server Intranet/Internet, perusahaan pembuat aplikasi bisa memperbarui aplikasinya terus-menerus. Begitu kita mengakses aplikasi itu, yang kita dapatkan pasti adalah versi terbaru. Tidak perlu lagi kita melakukan upgrade, menginstall service pack, maupun berbagai hal lainnya yang merepotkan. 
Kekurangan aplikasi berbasis web antara lain :
  1. Antarmuka yang dapat dibuat terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen web dan keterbatasan kemampuan web browser untuk menampilkannya.
  2. Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.
Web Client (web browser) 
Web browser merupakan sebuah software yang dijalankan pada komputer user. Yang berisikan perangkat navigasi didalam web yang akan menampilkan dokumen web.
Perangkat lunak web browser yang populer saat ini adalah :
  • Internet Explorer (Windows)
  • Mozila Firefox (Windows & Linux)
  • Opera (Windows & Linux)
  • Chrome (Windows)
Web Server
Web server merupakan suatu software yang dijalankan pada komputer server yang berfungsi sebagai jembatan agar dokumen web yang tersimpan pada server dapat diakses oleh user melalui internet.
Perangkat lunak web server yang populer saat ini adalah : 
  • Apache (Linux & Windows)
  •  MS Internet Information Server/IIS (Windows)
  • Tomcat, untuk java (Windows & Linux) 
Perangkat pengembang aplikasi berbasis web
Bahasa dasar dalam dunia web dan internet adalah dikenalkannya HTML (Hypertext Markup Language) sebagai standar penulisan halaman web. Perkembangan perangkat pengembang aplikasi berbasis web sangat beraneka ragam mulai dari yang sangat sederhana hingga yang cukup komplek, berikut ini adalah daftar aplikasi pengembang berbasis web :
  1. Notepad 
  2. MS Word
  3. Microsoft Frontpage
  4.  Macromedia Dreamweaver
Bahasa pengembang aplikasi berbaasis web:
  1. HTML 
  2. PHP 
  3. JavaScript 
  4. CSS 
  5. ASP 
  6. XML 
  7. WML 
  8. PERL
Dengan membuat aplikasi berbasis web berarti :
  • Memperkaya fungsi web server dengan cara :
    Menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh server ketika file dokumen web tersebut diakses oleh web server.
    Misalnya, program yang mengambil data kebasis data untuk ditampilkan ke web browser.
  • Memperkaya interaktivitas dokumen dengan cara :
    Menambahkan program pada dokumen web yang  akan dieksekusi oleh web browser ketika file dokumen tersebut ditampilkan oleh web browser Misalnya, program yang memvalidasi data masukan pada form sebelum disubmit ke web server.

Sumber : http://erlanggaprasetyo.blogspot.co.id/2014/12/ide-ide-inovatif.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar